8 Iklan Ngehits 2017

2017-12-22
Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat. -Wikipedia.
Kita sering liat iklan di mana-mana. Entah itu iklan di TV, radio, koran atau bahkan internet. Buat suatu produk dan jasa, pengaruh iklan itu besar banget untuk penjualan mereka. Konten yang dipilih harus bisa menarik masyarakat atau seengganya bikin mereka aware. Bisa dibilang tumpuan utama pendapatan media massa.

Beberapa hari lalu, setelah ngeliat salah satu iklan TV, tiba-tiba gue keinget kalo di tahun 2017 ini banyak iklan yang nempel di otak kita karena viral abis. Alasannya bisa viral ada yang emang bagus, lucu, menarik perhatian dan sampe yang norak banget. Tapi orang-orang periklanan punya caranya sendiri buat narik minat penonton TV dan juga masyarakat. Menurut gue pribadi bikin iklan norak udah banyak mereka lakukan dan liat aja buktinya. Viral dan meme-able, 'kan? Ya, selain itu juga gue yakin, iklannya meningkatkan penjualan mereka. 

Without further ado, kali ini gue mau bahas iklan-iklan ngehits binti viral di tahun 2017. Apa aja sih? Ini dia:

1. Aqua: Ada Aqua? 

Di bulan Januari, air mineral yang udah jadi top of mind-nya orang Indonesia ini heboh dengan iklan barunya. Slogan yang dipakai di iklan ini tiba-tiba jadi viral, yaitu "Ada Aqua?". Maksud yang gue tangkap dari iklan ini adalah minum Aqua bisa bikin kita fokus sama sekeliling kita. Versi iklan kampanye dari slogan baru ini ada macam-macam.

2. Bukalapak: Cincai

Nah ini dia yang gue sendiri sampai hafal dan seneng nontonnya. Salah satu situs e-commerce ini menayangkan sebuah iklan sebelum Imlek 2568 di bulan Januari lalu. Entah kenapa model yang dipakai adalah seorang nenek. Di iklan itu, si nenek menyanyikan lagu yang pasti udah nempel banget di otak kalian, mengenakan pakaian tradisional wanita China dan dengan logat yang begitu kental. 

3. Google: Dia #SelaluTauMusik


Lagunya Anji tiba-tiba jadi ngehits banget di iklan ini. Google bener-bener bikin lirik lagu Dia lengket ke para pemirsa yang nonton iklannya. Guna menunjukkan kecanggihan mesin pencari nomor satu ini, konsep iklannya adalah; hanya dengan menyebutkan lirik lagu lewat kolom pencarian, kita udah bisa tau lagu itu. Sama seperti tagar yang dijadiin salah satu slogannya juga, #SelaluTauMusik. Hebatnya Google, dia bisa menyebarkan virusnya gak hanya pada model-model iklannya, tapi juga ke kita.

4. Ramayana: Bahagianya Bahagiaku


Siapa yang gatau iklan bulan Ramadhan tahun 2017 dengan twist yang bikin emosional ini? Memang awalnya hanya diunggah di akun resmi YouTube milik Ramayana Department Store, tapi akhirnya tayang tayang di TV. Iklan ini memberikan twist yang gak kita duga. Kirain si anak ini gak nurut sama ibunya karena disuruh solat, teraweh, sahur, dll. Ternyata, si nenek lah yang mengidap pikun setelah ditinggal suaminya. Akhirnya, si anak dan istri ngasih tau ke nenek (ibunya) kalau suaminya udah meninggal. 
 
5. Indoeskrim: Kisah Legenda Nusantara


Norak? Lebay? Iklan ini sukses bikin heboh warga net Indonesia. Sama kayak iklan Ramayana, twist-nya dapet. Tapi bukan dari segi emosionalnya, melainkan segi humor. Mana nyangka sih kalo ternyata iklan berlatar belakang seperti sinteron kolosal ini adalah iklan es krim? Dari awal yang keliatan kayanya sosok putri dan raja kerajaan yang bertengkar sambil terbang-terbangan naik elang dan main ponsel. Ya, ponsel di masa kolosal, dengan pakaian khas, dan sambil terbang naik elang! Sebenernya ini menarik, karena yang gue tau, iklan ini hanya dibuat dalam sehari. Tapi liat dong feedback-nya, viral, 'kan? Sutradaranya ternyata Dimas Djayadiningrat, loh! Walaupun norak, jayus, efek visual yang seadanya, dialog dramatis, dan adegan laga plus elangnya itu, iklan ini jelas sukses menarik perhatian. Boleh lah norak, asal hasilnya seperti ini.

6. Fair and Lovely: Sekali putaran, setengah putaran. Bersihkan sel kulit mati dan kotoran. 

Lalu Menyilang, menyilang. Komedo berkurang. Putar putar di wajah, bilas. Multivitamin. 

Gausah nonton iklannya pun, pasti kalian tau gimana iramanya. Iya. 'kan? Emang sih iklan ini rilis sekitar tahun 2016, cuma gue rasa masih viral bahkan sampe tahun 2017. Selain karena irama dan liriknya yang catchy, iklan ini dibintangin Jessica Mila yang saat itu juga lagi naik daun. Otomatis iklan ini pun ikutan viral juga.

7. Go-Jek: Papan iklan

http://idrus.co/photo/plugin/article/2017/1509286123_1-org.jpg


Bukan iklan di TV atau sosial media. Tapi sebuah iklan reklame besar di sekitar daerah Kuningan. Emang sih, tampilannya gak menarik. Ya, gimana mau menarik. Itu iklan, kasarnya cuma gede doang, isinya banyak tulisan tanpa gambar yang menarik visual, ditambah warna latar belakang netral. Tapi ternyata tulisan panjang lebarnya itulah yang menarik semua orang. Dipasang di daerah macet pula. Selain banyak waktu buat baca iklan itu, karena faktor-faktor di atas tadi, orang-orang jadi penasaran pengen baca. Jujur, awalnya gue gak ngeh ini iklan Go-Jek. Hit the bull's eyes banget gak sih maknanya?
 
 8.JD.ID: Kena Tipu Barang Palsu

Satu lagi iklan yang lagunya catchy dan bikin ikutan nanyi kalo lagi tayang. Selain slogannya yang rhyme dan liriknya bisa dibilang standar-standar aja, iklan ini jadi gampang diinget orang. Jujur, kalo iklan ini tayang dan saat itu gue lagi ada di depan TV, otomatis gue pasti ikutan nyanyi. Iklan ini sendiri dibagi jadi beberapa iklan dengan barang yang sering kena tipu. Misalnya ponsel dan kamera. Bahkan sampo dan popok bayi pun ada! Melalui iklan ini, JD.ID mau fokus sama karakternya yang 'anti barang palsu', jadi mau menunjukkan ke pemirsa kalo semua barang yang dijual di situsnya asli. Gue sendiri belum pernah beli barang ke JD.ID, jadi gak bisa mengiyakan iklan itu.

Itu dia beberapa iklan Indonesia yang viral di tahun 2017. Dan iya, versi gue. Hehehe. Gue yakin di tahun 2018 nanti pasti makin banyak iklan-iklan yang jauh lebih keren dan tentunya viral. Looking forward to it!

No comments:

Post a Comment